Kembali

Mau Anak Selalu Bersemangat Belajar? Terapkan 4 Tips Desain Kamar Anak Ini

07 August 2019

 

Memiliki anak yang selalu bersemangat dalam belajar, tentu akan membuat hati bahagia. Tapi untuk membuat anak semangat belajar, bukanlah perkara yang mudah. Namun demikian Anda sebagai orang tua tidak boleh menyerah. Anda harus berusaha mencari celah bagaimana cara untuk membuat anak bisa selalu semangat untuk belajar. Salah satu cara untuk membuat anak selalu semangat dalam belajar adalah dengan mendesain kamar anak. Dengan kamar yang di-desain sedemikian rupa, memang bisa membuat anak jadi lebih bersemangat saat belajar. Tapi bagaimana cara untuk mewujudkanya? Berikut beberapa tips yang bisa Anda jalankan.

1.      Warna Cat Kamar

Tips pertama untuk mendesain kamar anak agar bersemangat belajar adalah dengan memberikan warna cat kamar yang tepat. Warna kamar memang bisa mempengaruhi perasaan pada diri anak. Agar perasaan anak untuk belajar selalu baik dan positif, maka disaranakan agar Anda menghadirkan warna-warna cerah dan terang. Mengapa demikian? Sebab, warna cerah dan terang akan mampu mendatangkan aura positif dibandingkan warna gelap yang membawa aura negatif. Bila disuruh memilih satu warna, maka kuning menjadi warna yang direkomendasikan para ahli prsikolog untuk menumbuhkan rasa bahagia, kerajinan dan semangat. Agar lebih bervariasi maka Anda bisa mengkombinasikan warna kuning ini dengan warna biru atau hijau atau biru untuk menumbuhkan kreatifitas anak.

2.      Pencahayaan Kamar

Agar anak bersemangat belajar, maka Anda harus bisa melakukan pengaturan cahaya yang tepat di kamar. Dalam konsep desain interior kamar, maka teknik pencahayaan ini bisa dibagi menjadi tiga hal yakni mood, task dan ambient. Mood sendiri adalah teknik pencahayaan yang mengisi suasana ruangan seperti lampu hias, lampu kelap-kelip, dll. Sementara itu untuk task adalah teknik pencahayaan yang ditujukan pada fungsi yang berwujud seperti lampu meja, lampu belajar, dll. Sedangkan untuk ambient adalah teknik pencahayaan kamar yang menjadikan sumber cahaya alam seperti cahaya matahari sebagai yang utama. Selain menghindari pencahayaan yang minim, Anda juga diharuskan menghindari pencahayaan yang berlebihan yang bisa muncul dari lampu dengan watt yang terlalu tinggi serta penyalaan lampu secara sekaligus dalam waktu bersamaan.

3.      Dekorasi Ruangan

Berikutnya, tips mendesain kamar anak agar selalu bersemangat belajar adalah mendekorasi ruangan anak dengan baik dan tepat. Untuk menumbuhkan rasa semangat belajar pada anak, cobalah untuk mendekor kamar anak dengan suasana yang playful, hidup namun tetap nyaman. Salah satu contoh teknik dekorasi kamar anak yang baik adalah menghadirkan poster-poster serial TV atau film kesukaan anak. Anda juga bisa menghadirkan kata-kata motivasi untuk teknik dekorasi kamar supaya anak bersemangat belajar. Dengan teknik dekorasi seperti ini maka anak akan merasa memiliki kamarnya sendiri. Saat anak merasa memiliki kamarnya sendiri, maka akan muncul rasa nyaman dan betah serta kemudian akan lebih termotivasi untuk belajar lebih giat di kamarnya.

4.      Pentingnya Tampilan Meja Belajar

Meja belajar sebagai perangkat dan tempat yang menjadi sarana belajar anak, memang akan memiliki pengaruh besar pada semangat belajar anak. Bila meja belajar ini tampilannya tidak rapi dan tidak bersih, tentu anak akan mendapati rasa tidak nyaman dan malas untuk belajar. Mungkin anak akan belajar di awal waktu, tapi dengan keadaan meja belajar yang berantakan, membuat rasa bosan akan cepat muncul. Jangan lupa juga hadirkan beberapa tanaman hias di samping meja belajar untuk membuat oksigen tetap tersedia agar anak tidak cepat mengantuk dan untuk menjaga stimulasi otak anak.

 

(Asep Irwan)

Bagikan